Butuh Waktu 4 Tahun hingga Pandemi Berakhir

Hnews.id | Salah seorang ahli imunologi Unair Surabaya, Dr. dr. Agung Dwi Wahyu Widodo, M.Si, M.Ked.Klin, SpMK menjelaskan bahwa penggunaan masker akan tetap menjadi keharusan sampai pandemi benar-benar berakhir. Pendapat tersebut berkaca dari pembelajaran kejadian pandemi di tahun 1918 yang setidaknya perlu waktu sekitar empat tahun hingga pandemi betul-betul berakhir.

“Jadi memakai masker selama empat tahunan itu adalah mesti.” tegas Agung pada Senin (18/1/2021). Ia menambahkan akan ada kemungkinan masa pandemi akan semakin panjang jika kita semua tidak disiplin protokol kesehatan.

Read More
banner 300250

Lebih jauh, Agung juga menjelaskan bahwa sesudah dapat vaksin pertama, tentunya tubuh belum kebal terhadap virus Covid 19, antibodi masih belum terbentuk.

“Sehingga sambil menunggu antibodi meningkat dengan baik, kita tetap harus memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan lainnya, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilisasi, dan menjauhi kerumunan,” tegas dosen pada Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Unair Itu.

Selain itu, Agung mengingatkan, “Hasil vaksinasi setiap orang tidak sama. Oleh karena itu, mesti disiplin pakai masker. Disiplin mengggunakan masker akan meminimalkan virus masuk ke tubuh. Jumlah virus yang sedikit, sehingga sistem kekebalan tubuh dapat melawannya secara kuat dan terus menerus,” jelasnya.

(RR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.