Kemenag, Kemenkes dan Kemenhub Bahas Penyelenggaraan Ibadah Haji 2021 dengan Komisi VIII

Hnews.id | Hingga hari ini Indonesia masih menunggu kepastian pelaksanaan ibadah Haji dari Arab Saudi. Rapat kerja Komisi VIII dengan sejumlah pihak yakni Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan juga Kementerian Perhubungan, hari ini Senin 15 Maret 2021, bertempat di Ruang Komisi VIII Gedung DPR RI, setidaknya ada 4 poin yang saat ini tengah dibahas dari sejumlah pihak yang hadir dalam rapat kerja pada siang ini, yakni adalah terkait dengan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021.

Seberapapun tipis kemungkinan adanya pelaksanaan haji tahun 2021, Indonesia dipastikan akan memberikan kepastian kepada publik maupun juga masyarakat yang telah menunggu sampai saat ini apakah dari Arab Saudi akan memperlakukan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan sampai saat ini kepastian tersebut belum didapatkan dari Arab Saudi, namun sampai saat ini pihak Kementerian Agama terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak Arab Saudi. Pimpinan Komisi VIII Yandri Susanto mengatakan bahwa sejumlah poin ini harus kembali dibahas antara pemerintah dan juga DPR salah satunya terkait dengan vaksinasi bagi calon jemaah haji.

Komisi VIII mengharapkan bahwa vaksinasi ini bisa masuk dalam prioritas bagi calon jemaah haji tahun 2021. Kementerian Kesehatan memastikan bahwa calon jemaah haji tahun 2021 masuk dalam vaksinasi prioritas, yang nantinya ini menjadi salah satu syarat juga oleh pihak Arab Saudi, bahwa vaksinasi corvid-19 menjadi persyaratan bagi calon jemaah haji tahun 2021.

Meski kepastian informasi pelaksanaan ibadah haji belum juga tersampaikan dari Arab Saudi, namun Kementerian Agama tetap membuat dan menyiapkan skenario terkait dengan kuota Haji dan juga pelaksanaan Haji. Komisi VIII menekankan terkait dengan protokol kesehatan pelaksanaan ibadah haji, yang nantinya ini akan berdampak pada beban biaya yang akan lebih besar saat pelaksanaan ibadah haji 2021. Komisi VIII juga meminta, kalau perlu dari Presiden Joko Widodo bisa berkomunikasi langsung dengan pihak Arab Saudi terkait dengan kepastian pelaksanaan ibadah haji, khususnya jumlah kuota bagi Indonesia.

Kementerian Kesehatan dalam pemaparannya menjelaskan terkait vaksinasi, yang juga akan diberlakukan bagi calon jemaah haji di tahun 2021 terlebih adalah dikarenakan mayoritas dari calon jemaah haji tahun 2021 kebanyakan adalah lansia atau lanjut usia, yang tersebar di sejumlah wilayah, baik dari Aceh sampai ke Merauke. Dan diharapkan ini bisa masuk ke prioritas divaksinasi bagi calon jemaah haji tahun 2021. Pemaparan dari kementerian perhubungan terkait dengan akomodasi atau transportasi, yang tadi juga sempat ditekankan oleh komisi VIII, yang mana ini juga akan berdampak pada beban biaya haji tahun 2021.

(RR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *