DPR RI Beri Dukungan untuk Infrastruktur dan Sarana Transportasi KSPN Labuan Bajo

Hnews.id | Komisi V DPR RI memberikan dukungan kepada pemerintah dalam pembangunan infrastruktur dan sarana transportasi KSPN Labuan Bajo untuk mewujudkan konektivitas dan aksesibilitas wisatawan. Hal tersebut dilakukan dalam rangka untuk memberikan gaya dorong pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan serta membuka kesempatan bertumbuhnya UMKM dan menumhuhkan sentra ekonomi baru, yang mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat, di Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

Hal ini terungkap dalam peninjauan langsung objek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau KSPN Labuan Bajo baru-baru ini Rabu, 16 Maret 2021. Komisi V DPR RI sebagai alat kelengkapan dewan yang membidangi infrastruktur, transportasi, daerah tertinggal, dan transmigrasi, meteorologi, klimatologi dan geofisika, serta pencarian dan pertolongan, terus berupaya menjalankan fungsi dan tugasnya, dalam hal pengawasan masa reses persidangan 4 tahun sidang 2019-2020.

Seperti diketahui objek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau KSPN Labuan Bajo, merupakan salah satu dari 5 destinasi pariwisata yang ditetapkan oleh pemerintah.

Komisi V DPR RI juga mendorong peningkatan kinerja Basarnas Maumere, guna menunjang kawasan wisata Labuan Bajo, yang menjadi salah satu destinasi pariwisata Kawasan Super Prioritas Nasional atau KSPN.

“Salah seorang anggota Komisi V DPR RI Sudewo mengatakan KSPN Labuan Bajo harus memiliki perencanaan yang komprehensif yang tepat, dalam rangka menunjang destinasi pariwisata bertaraf Internasional ini,” ujarnya.

Ditambahkan beliau, berapa kapal yang harus digunakan, kapasitasnya berapa saja, dan helikopternya itu juga harus direncanakan secara baik. “Dermaga tidak boleh hanya satu,” katanya.

Dermaga bisa beberapa titik, mengingat Labuhan Bajo ini destinasi wisatanya berupa kepulauan. “Jadi jarak antar pulau tergolong jauh, sehingga bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi insiden, maka segera dapat diatasi,” ucap beliau.

Anggota Komisi V DPR RI yang lainnya Muhammad Arwani thomafi menyoroti tingginya angka kecelakaan di laut, khususnya di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.

“Untuk itu sebagai salah satu destinasi pariwisata kawasan super prioritas nasional, maka prioritas utama yang disediakan yaitu moda transportasi laut yang mampu menghubungkan berbagai pulau di Labuan Bajo,” terang beliau.

(RR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *