Penanganan Bencana harus Berorientasi pada Mitigasi

Hnews.id | Penanganan bencana harus berorientasi pada mitigasi, sehingga jumlahkorban nya bisa jauh lebih besar untuk ditekan. Hal tersebut ditekankan oleh Ace Hasan selaku Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI baru- baru ini di Kota Bandung Jawa Barat, Selasa 16 Maret 2021. Dalam kunjungan kerja ini, beliau ingin memastikan bahwa proses penanganan bencana di Jawa Barat berjalan dengan baik. Selain itu, Ace Hasan mengatakan pemerintah provinsi Jawa Barat harus bersinergi dalam penanggulangan bencana alam dan banjir di Jawa Barat.

“Penanganan bencana harus berorientasi pada mitigasi bencana sehingga dapat menekan angka korban jiwa di masa depan,” ucapnya.

Anggota Komisi VIII DPR RI lainnya Maman Imanulhaq mendorong Kementerian Agama untuk memberikan himbauan kepada pondok pesantren dan masjid, agar dapat digunakan menjadi tempat pengungsian sementara para korban bencana.

“Mereka para penyuluh dan penceramah, diharapkan memiliki kemampuan untuk menerangkan apa yang disebut dengan ‘hablum minal alam’ hubungan dengan alam, sehingga isu lingkungan, penghijauan dan juga mitigasi bencana penanaman lereng-lereng yang akan terjadi longsor itu, disuarakan di majelis taklim, di pengajian di mesjid-mesjid,” ujarnya.

Kunjungan kerja Komisi VIII DPR RI ke Kota Bandung provinsi Jawa Barat, dalam rangka untuk melihat langsung persiapan penanganan dan antisipasi bencana banjir, dan bencana alam lainnya oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BPBD provinsi Jawa Barat.

(RR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.