Perilaku Hidup Bersih Sehat, Tumpas Covid-19

Hnews.id | Covid-19 sudah seperti kekuatan mematikan yang tidak bisa di hentikan. Melanda lebih dari 188 Negara dan Wilayah di seluruh Dunia, dan sudah merenggut nyawa begitu banyak orang dengan sangat cepat. Novel Corona Virus atau yang biasa kita sebut Covid-19 adalah virus baru yang menyerang saluran pernafasan. Pertama kali di temukan di Wuhan, Tiongkok pada bulan Desember tahun 2019. Mulai melanda Indonesia pada bulan Maret tahun 2020. Sampai saat ini angka kasus positif Covid-19 bahkan kematian akibat Covid-19 terus saja meningkat. Covid-19 dapat menyebar dari orang ke orang melalui droplet (Percikan) yang keluar dari hidung atau mulut orang yang terjangkit. Covid-19 menyebabkan penyakit saluran pernafasan  dan menimbulkan gejala seperti demam, cepat lelah, pegal linu, susah nafas, sakit tenggorokkan, dan batuk kering. Dalam beberapa kasus orang terjangkit bisa menimbulkan gejala seperti diare, hidung tersumbat, sampai tidak menunjukkan gejala sedikitpun dan tetap merasa sehat.

Walaupun kita tetap sehat akan tetapi resiko menularkan kepada orang lain bisa saja terjadi. Hal ini bisa terjadi karena sistem imunitas tubuh kita yang kuat, sehingga bisa melawan virus tersebut, dan orang lain yang sistem imunitasnya sedang turun atau bahkan sedang sakit jadi mudah terpapar covid-19.

Covid-19 ini telah menyebabkan perubahan-perubahan pada aspek kehidupan, terutama pada aspek kesehatan masyarakat. Covid-19 mengharuskan kita untuk melakukan perubahan, salah satunya yaitu perubahan cara Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat. Berbagai macam aturan-aturan sudah pemerintah buat untuk menanggulangi wabah ini. Adanya aturan penerapan Protokol Kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan adalah upaya pemerintah untuk menghambat laju penyebaran Covid-19, tetapi bagi sebagian masyarakat cukup sulit meterapkan pada kehidupan sehari-hari. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan menjadikan kasus Covid-19 terus meningkat hari demi hari, bulan demi bulan, hingga tidak terasa sudah satu tahun wabah ini melanda Indonesia.

Menumpas wabah ini bukan hanya tugas pemerintah semata ataupun tenaga medis saja, tetapi masyarakat pun harus dapat bekerja sama demi pulihnya Negara kita dari Covid-19. Percuma saja kalau pemerintah menerapkan berbagai aturan, tetapi masyarakat sendiri tidak menerapkannya dengan baik maka kasus Covid-19 pun tidak akan menurun. Saat ini tenaga medis seperti dokter dan perawat bekerja dengan tidak menghiraukan lelah sampai merekapun jatuh sebagai korban. Pemerintah ataupun tenaga kesehatan lain tidak meminta banyak kepada kita semua, mereka hanya berharap kita patuh akan aturan yang sudah dibuat dan kita terapkan di kehidupan sehari-hari dengan sebaik mungkin.

Apa yang harus kita lakukan untuk tetap sehat? Menurut hemat penulis, segera cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir atau cairan antiseptic berbahan dasar alkohol, hindari keramaian, selalu menjaga jarak minimal 1 meter antar sesama, tetap dirumah apabila tidak memiliki urusan penting dan pekerjaan di luar rumah, gunakan masker jika mengharuskan kita untuk keluar rumah ataupun bertemu orang lain, hindari menyentuh wajah dibagian hidung, mulut, atau mata. Jika merasa kurang sehat segara hubungi fasilitas kesehatan terdekat. Tetap tenang dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), tetap menjaga kesehatan, mengkonsumsi buah dan sayur, serta menjaga kebersihan. Semoga Indonesia terbebas dari Covid-19.

Related posts