Rapat PBB Terkait Palestina-Israel akan Diikuti Menlu Retno

Hnews.id | Rapat di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, untuk membahas konflik Israel dan Palestina pada Kamis (20/5/2021) waktu setempat akan diikuti Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

Dikatakan Retno bahwa saat ini ia sudah tiba di New York. Selain mengikuti debat Majelis Umum PBB mengenai Israel dan Palestina, ia juga akan menghadiri sejumlah rapat.

“Saya akan menghadiri Debat Majelis Umum mengenai Palestina dan bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB, Presiden Majelis Umum, Presiden DK PBB, dan beberapa menteri luar negeri,” cuit Retno di Twitter.

Berdasarkan informasi dari Perwakilan Tinggi RI di New York, Retno akan mengikuti rapat Majelis Umum PBB yang akan digelar pada Kamis (20/5/2021) pukul 10.00 waktu setempat.

Presiden Majelis Umum PBB, Volkan Bozkir, menyebutkan bahwa rapat ini digelar setelah Nigeria dan Aljazair sebagai perwakilan (OKI) dan Liga Arab di PBB meminta anggota menggelar rapat karena situasi Israel-Palestina kian genting.

Sementara itu, DK PBB juga sudah menggelar beberapa rapat untuk membahas situasi di Israel dan Palestina.

Namun dalam pertemuan-pertemuan itu, DK PBB tak dapat mengadopsi deklarasi sederhana mengenai konflik Israel dan Palestina.

Sebagai sekutu Israel, Amerika Serikat menolak tiga usulan pernyataan seruan penghentian pertempuran yang disusun oleh China, Norwegia, dan Tunisia.

Sementara itu, hingga saat ini, Israel dan sejumlah kelompok di Jalur Gaza masih terus saling serang.

Israel terus menggempur dari udara hingga menewaskan setidaknya 217 orang di Jalur Gaza, 64 di antaranya anak-anak.

Hamas juga terus menyerang balik dengan melontarkan roket ke arah Israel, menewaskan 12 orang, termasuk satu anak-anak. [ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.