Pelayanan Kesehatan Yang Baik dan Bermutu

Hnews.id | Untuk merealisasikan sistem kesehatan yang efektif dan efisien, maka perlu kerjasama lintas sektor lintas program dan peran serta masyarakat yang terus menerus ada dalam lingkup implementasinya. Dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN) pemerintah bertugas sebagai pengawas dan regulator jalannya proses kesehatan. Oleh sebab itu pemerintah mesti punya strategi yang bagus, terutama dalam pengaturan dan distribusi tenaga kesehatan agar pekayanan kesehatan yang dilaksanakan, betul-betul dirasakan oleh seluruh masyarakat dengan adil tanpa pandang bulu. Bahkan bukan hanya itu saja, tenaga kesehatan harus cerdas dalam mengelola pembiayaan kesehatan dan memberikan akses serta pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat, sehingga terciptanya kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, yang didukung dengan pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan yang baik, dan profesional.

Saat ini tak dapat dipungkiri, bahwa masih ada masyarakat yang belum terlayani dengan baik kesehatannya, dan belum merata di seluruh pelosok tanah air. Sehingga segala upaya yang ada, pemerintah berusaha keras untuk menjamin pelayanan kesehatan dapat diterima oleh semua masyarakat dimanapun berada. Pemerataan fasilitas yang kurang, sekarang diusahakan untuk dicukupkan dan ditambah. Bagi mereka kalangan menengah ke bawah yang jauh dari Rumah Sakit atau klinik dokter cenderung mengalami kesulitan untuk mendapatkan pelayanan yang baik bahkan sering terabaikan, maka pemerintah berupaya untuk menyelesaikannya dengan baik dan segera. Seperti yang kita tahu bahwa jika dalam suatu daerah memiliki tingkat ekonomi yang cenderung rendah, maka kemampuan pemerintah daerah juga kurang, sehingga mengakibatkan kurangnya tenaga dan pelayanan medis untuk melayani dengan baik. Tentunya sangat berbeda dengan mereka yang memiliki uang, hidup bercukupan, maka akan berupaya mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan sesuai dengan harapannya.

Syarat pokok pelayanan kesehatan masyarakat yang baik itu, menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan, yang disatu pihak dapat memuaskan para pemakai jasa pelayanan, dan dipihak lain tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik serta standar yang telah ditetapkan. Syarat pokok yang dimaksud adalah:

1. Tersedia dan berkesinambungan

Syarat yang pertama pelayanan kesehatan yang baik adalah pelayanan kesehatan tersebut harus tersedia di masyarakat serta bersifat berkesinambungan.

2. Dapat diterima dan wajar

Syarat pokok kedua pelayanan kesehatan yang baik adalah dapat diterima oleh masyarakat serta bersifat wajar. Artinya pelayanan kesehatan tersebut tidak bertentangan dengan keyakinan dan kepercayaan masyarakat.

3. Mudah dicapai

Syarat pokok yang ketiga pelayanan kesehatan yang baik adalah mudah dicapai oleh masyarakat (dari sudut lokasi).

4. Mudah dijangkau

Syarat pokok keempat pelayanan kesehatan yang baik adalah mudah dijangkau oleh masyarakat. Pengertian keterjangkauan yang dimaksud disini termasuk dari sudut biaya. Untuk dapat mewujudkan keadaan yang seperti ini harus dapat diupayakan pelayanan kesehatan tersebut sesuai dengan kemampuan ekonomi masyarakat.

5. Bermutu
            

Oleh sebab itu penulis berharap bahwa dengan pelayanan kesehatan yang baik diberikan pada masyarakat maka tingkat kesehatan di Indonesia akan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Related posts