Indonesia Tidak Kirim Jamaah Haji Tahun Ini, Khofifah: Tetap Sabar dan Tawakkal

Hnews.id | Kepada seluruh jamaah haji Jawa Timur, saya berharap tetap bersabar dan tawakkal kepada Allah SWT karena ini semua adalah takdir yang harus kita jalani.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram miliknya, Kamis (3/6/2021).

Khofifah pun berdoa semoga pandemi Covid-19 bisa segera berakhir dan semua ummat Islam diseluruh penjuru dunia dapat beribadah haji kembali dengan aman, nyaman dan khusyu’ seperti sedia kala. Aamiin.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan kembali tak mengirim jemaah pada ibadah haji 2021. Penundaan ini menjadi yang kedua setelah tahun lalu pemerintah juga tak mengirim jemaah karena pandemi virus corona (Covid-19).

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi.

“Menetapkan pembatalan keberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 1442 hijriah atau 2021 masehi bagi WNI yang menggunakan kuota haji Indonesia dan kuota haji lainnya,” ujar Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Kamis (3/6/2021).

Kemenag pada tahun lalu juga tak memberangkatkan jemaah haji karena pendemi Covid-19. Ini jadi tahun kedua, pemerintah tak mengirim jemaah untuk ibadah haji ke Tanah Suci. [ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.