Cuplikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

foto:Ilustrasi. (dok joss id)/2021

Hnews.id | Pemerintah secara resmi memperluas program Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), menggantikan istilah darurat dengan sebutan jenjang level. Dasar hukum pelaksanaan “PPKM Level” adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021. Tidak hanya terjadi perubahan terminologi antara “PPKM Darurat” dan “PPKM Level”, tetapi juga terdapat beberapa perbedaan. Beberapa perbedaan tersebut terkait dengan jam buka pasar, operasional kafe, persyaratan perjalanan dan restoran, serta arahan untuk kepala daerah. PPKM merupakan suatu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk mengatasi kasus covid-19 di Indonesia, yang saat ini kasusnya masih meningkat, maka dengan itu pemerintah Indonesia memutuskan untuk memberlakukan aturan PPKM guna mengurangi aktifitas masyarakat diluar ruangan dan membatasi masyarakat dari kerumunan yang akan menyebabkan bertambahnya kasus covid-19, diharapkan pemberlakuan PPKM ini akan mengurangi masyarakat untuk beraktifitas diluar ruangan agar masyarakat tetap berada di dalam rumahnya masing- masing.

Penurunan kasus tersebut menjadi alasan pemerintah memperpanjang Perberlakuan  Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 25 Juli 2021. Jika aktivitas masyarakat berkurang, pemerintah akan membuka kembali aktivitas masyarakat secara bertahap. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat jumpa pers virtual perkembangan terkini PPKM darurat, Selasa (20 Juli 2021). Namun, kami telah memantau dan memahami perkembangan lokal, dan mendengarkan suara masyarakat yang terkena dampak PPKM. Oleh karena itu, jika kasus menunjukkan tren menurun, pemerintah akan membuka secara bertahap pada 26 Juli 2021. Dengan membatasi daya tampung wisatawan hingga 50%, pasar tradisional tetap diizinkan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB. Kemudian, PKL, toko kelontong, barber shop, laundry, bengkel dan usaha kecil lainnya dapat beroperasi sesuai prosedur yang ketat hingga pukul 21:00 WIB. Kemudian untuk warung makan, PKL di ruang terbuka tidak diperbolehkan sampai pukul 21.00 WIB. Waktu makan maksimum per pengunjung adalah 30 menit. Adapun sektor lain di esensial dan kritikal dan terkait perjalanan akan dijelaskan terpisah. Presiden meminta kerja sama dalam pelaksanaan PPKM ini, dan berharap jumlah kasus berkurang dan tekanan terhadap rumah sakit juga berkurang.

Melihat situasi yang semakin tidak kondusif dikarenakan aturan mengenai PPKM, menurut hemat penulis  seharusnya pemerintah memberikan bantuan yang signifikan dan menyeluruh kepada masyarakat, terutama masyarakat kalangan menengah dan bawah, dan juga masyarakat yang terdampak akibat pemberlakuan aturan PPKM, sehingga bantuan dari pemerintah akan meringankan beban masyarakat yang terdampak akan hal ini. Disamping itu juga seperti yang dijanjikan pemerintah maka segera membuka peraturan terkait PPKM ini secara bertahap agar masyarakat tetap bisa melanjutkan aktifitasnya tetapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi peraturan yang ada guna membantu untuk mengurangi rantai penularan covid-19.

Related posts