Makanan Cepat Saji di Masa Pandemi Covid-19

foto: promkeskemkes/2021

Hnews.id | Di zaman seperti sekarang ini makanan cepat saji atau fast food sudah tidak asing bagi kita semua. Fast food ialah makanan yang mudah dan cepat dalam pengolahannya. Di masa pandemi seperti sekarang ini dianjurkan untuk membatasi aktivitas di luar rumah dan selalu menyediakan stok makanan cepat saji di rumah seperti mie instan, frozen food dan lain-lain. Karena dianjurkan untuk membatasi aktivitas di luar rumah maka, lebih sering memesan makanan lewat aplikasi online dan lebih sering memesan fast food. Alasan lain karena orang-orang mengonsumsi makanan cepat saji karena harganya yang murah, mudah ditemukan dimana saja, dan tidak bisa di pungkiri juga bahwa rasanya yang lezat.

Makanan cepat saji ini terbilang praktis dan tidak mudah busuk karena dapat bertahan lama seperti mie instan dan frozen food. Akan tetapi makanan cepat saji ini juga akan berdampak ke kesehatan kita, jika kita konsumsi terus-menerus. Dampak terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, diantaranya:

  1. Dapat menimbulkan penyakit yang serius
    Makanan cepat saji banyak mengandung pengawet, dan MSG (Monosodium Glukamat). Dengan bahan-bahan tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan sangatlah berbahaya bagi tubuh karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Akibatnya, seseorang yang mengonsumsi dalam jumlah berlebih, berisiko tinggi terkena penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kanker.
  2. Menyebabkan Obesitas
    Makanan cepat saji mengandung lemak yang berdampak buruk bagi tubuh. Dan jika Obesitas akan sangat berisiko terkena penyakit kolesterol dan penyakit-penyakit lainnya.
  3. Kekurangan nutrisi
    Jika terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, maka semakin sedikit nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan tubuh menjadi kekurangan nutrisi dan mudah jatuh sakit serta menurunkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, di masa Pandemi seperti ini kita harus menjaga pola makan dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah virus Covid-19. Dengan cara makan dengan makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar terhindar dari Virus Covid-19. Dan mengurangi kebiasaan buruk dengan mengkonsumsi makanan cepat saji/ fast food.

Related posts