Pemimpin Keluarga dan Masa Pandemi

foto:tanotofoundation/2021

Hnews.id | Saat ini adalah situasi sulit dalam kehidupan yang terjadi akibat wabah penyakit Corona Virus (COVID-19). Diberlakukannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) adalah dimana masa yang sulit bagi seluruh anggota keluarga melakukan aktivitas terutama seorang pemimpin keluarga dalam mencari nafkah untuk anggota keluarganya. PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) ini sudah diterapkan mulai dari 3 juli 2021 di negeri ini. Orangtua harus mampu menjaga anggota keluarga dari ancaman Covid-19  dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, membatasi mobilitas dan tetap tinggal di rumah saja terutama anak-anak.

Pemimpin keluarga yaitu  orangtua terutama seorang ayah. Orangtua harus mampu menyusun strategi menghadapi PPKM untuk membentuk momen keluarga agar tetap sehat. Kemampuan keluarga untuk saling mendukung dan saling bekerjasama dalam situasi saat ini sangat dibutuhkan. Tantangan terbesar menjadi seseorang pemimpin keluarga yaitu sebagai orang tua adalah mempertahankan perekonomian keluarga yang akan berpengaruh sekali terhadap kesehatan anggota keluarga, sehingga pemimpin keluarga harus memikirkan bagaimana cara membentuk momen sehat di masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Selain kebutuhan ekonomi, orangtua harus memikirkan kenyamanan dan menimalisir rasa kekhawatiran anggota keluarga  dalam mengahdapi  situasi  saat ini yang menunjang agar keluarga tetap sehat.

Banyak strategi yang harus dipersiapkan dan diterapkan oleh pemimpin keluarga terutama seorang ayah. Ayah sebagai nakhoda dalam keluarga. Strategi menciptakan momen sehat  yaitu menerapkan kepada anak-anaknya kegiatan-kegiatan positif selama PPKM dan mencukupi kebutuhan makanan yang bergizi yaitu kebutuhan karbohidrat, protein buah, sayur segar dan vitamin. Kegiatan positif  selain sekolah anak-anak yang cukup umur seperti membantu ibu memasak atau melakukan pekerjaan rumah seperti kegiatan membersihkan dan merapikan rumah, kegiatan beribadah, membuatan kegiatan yang asyik atau hiburan dirumah seperti membuat game, karaoke bersama-sama dirumah, atau hiburan  lainnya yang bisa membuat anggota keluarga hati tetap senang yang bisa meningkatkan imun dalam sebuah keluarga di situasi yang sulit saat ini.

Dimasa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Ini) menjadikan keluarga yang lebih harmonis karena waktu keluarga lebih banyak dirumah. Selain itu pemimpin keluarga yang hebat dalam masa PPKM ini dengan kekompakan keluarga yang semakin erat, anggota keluarga bisa mencurahkan ide-ide kreatif untuk berbisnis yang dilakukan secara online sesuai dengan keterampilan ataupun hobi yang dimiliki anggota keluarga, sehingga bisa membantu pemimpin keluarga mencukupi kebutuhan keluarga di situasi yang sulit ini.

Kondisi  yang dialami oleh keluarga khususnya dalam menghadapi Covid-19 merupakan sebuah proses yang mungkin akan cukup panjang berlangsung dan perlu dihadapi, apalagi selama PPKM ini sebagian keluarga atau individu dapat merasakan kecewa ataupun lelah menghadapi situasi ini. Namun pemimpin keluarga harus mampu menerapkan strategi yang hebat membentuk momen agar keluarga tetap sehat harus semangat dan membuat pikiran, aktivitas yang dapat melaksanakan strategi dengan berhasil yang mampu memberdayakan keluarga. Penulis berkeyakinan kita dan keluarga harus tetap bertahan menghadapi situasi sulit ini dengan kekompakan dan keharmonisan keluarga yaitu dengan menciptakan keadaan yang lebih baik lagi untuk keluaraga kita di situasi PPKM ini.

Related posts