Kenali Penyebab dan Pencegahan Karies Gigi

Gb.koleksipribadi/2021

Hnews.id | Karies gigi adalah suatu penyakit pada gigi yang menyebabkan gigi menjadi berlubang. Penyebab karies gigi salah satunya disebabkan oleh bakteri, selain itu kurang nya menjaga Kesehatan gigi dan mulut seperti menyikat gigi 2x sehari. Mencegah karies gigi secara sederhana dengan cara menyikat gigi 2x sehari, pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Berikut terdapat macam-macam karies gigi

Macam-macam karies gigi menurut teori G.V.Black, yang berdasarkan lokasi terjadinya karies gigi:

  • Kelas I, Pit fissure, bagian oklusal pada gigi posterior, dan lingual gigi anterior;
  • Kelas II, Bagian proksimal gigi posterior;
  • Kelas III, Bagian proksimal gigi anterior, (belum mencapai incisal edge);
  • Kelas IV, Bagian proksimal gigi anterior, (sudah mencapai incisal edge);
  • Kelas V, Bagian 1/3 servikal permukaan(facial), lingual gigi anterior dan posterior;
  • Kelas VI, Kavitas pada bagian ujung cusp atau pada bagian incisal edge.

Karies gigi terjadi karena infeksi mikrobiologi pada gigi yang mengakibatkan destruksi local jaringan keras gigi. Etiologic karies gigi bersifat multifactorial, dan terdapat bakteri yang sering menjadi agen utama karies gigi, seperti Streptococcus mutans. Streptococcus mutans merupakan bakteri anaerob fakultatif gram-positif berbentuk bulat yang khas membentuk pasangan atau rantai selama masa pertumbuhannya. Bakteri ini anggota flora normal yang paling banyak ditemukan, penting untuk menjaga kesehatan membrane mukosa. Streptococcus mutans biasanya ditemukan pada rongga mulut manusia, dan memegang peranan terhadap terjadinya kerusakan gigi. Kerusakan gigi dapat berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan individu.

Terdapat beberapa factor resiko yang menyebabkan karies gigi, seperti:

  1. Oral hygiene buruk
  2. Laju alir saliva menurun
  3. pH saliva rendah
  4. Makan dan minuman manis yang sering
  5. pH plak rendah
  6. Frekuensi makan sering
  7. Status sosioekonomi rendah

Pencegahan karies gigi adalah hal yang penting untuk menjaga Kesehatan gigi dan mulut, agar gigi dan mulut tetap sehat, tidak terjadinya bau mulut, tidak ada noda pada gigi dan tidak menyebabkan sakit gigi. Berikut beberapa cara untuk pencegahan:

Frekuensi menyikat gigi

Menyikat gigi adalah hal yang penting dalam menjaga Kesehatan gigi dan mulut, agar terhindar dari bau mulut. Waktu menyikat gigi yang baik dan benar adalah sebanyak 2x sehari yaitu pada saat setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam hari. Cara menyikat gigi menurut The American Dental Association, menyebutkan teknik menggosok gigi yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

  • Posisi sikat gigi berada dalam sudut 45 derajat menghadap gusi
  • Mulai gerakan sikat gigi ke depan dan belakang secara perlahan
  • Bersihkan bagian luar, dalam, dan permukaan gigi untuk mengunyah
  • Gunakan ujung sikat untuk membersihkan bagian dalam gigi depan.

Menggunakan Dental Floss

Dental floss atau benang gigi adalah sangat penting dalam perawatan Kesehatan gigi dan mulut. Pengunaan benang gigi untuk mengurangi sisa makanan yang ada di sela gigi.

Menggunakan obat kumur

Penggunaan obat kumur sangat penting untuk mengurangi bau mulut dan perkumpulan bakteri yang ada di rongga mulut. Pengunaan obat kumur setelah menyikat gigi.

Mengurangi konsumsi makan dan minum yang manis

Mengurangi makanan dan minuman yang manis sangat penting untuk pencegahan karies gigi, agar tidak menghasilkan cairan asam yang nanti dapat merusak lapisan email gigi. Disarankan memperbanyak minum air putih.

Rutin control ke dokter gigi

Kontrol ke dokter gigi sangat disarankan untuk pencegahan karies gigi. Kontrol ke dokter gigi disarankan minimal 6 bulan sekali.

Related posts