Menilik Layanan Informasi BPJS Kesehatan

Gb.Koleksipribadi/2021

Hnews.id | BPJS yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. BPJS Kesehatan diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip asuransi sosial dan prinsip ekuitas dengan tujuan menjamin agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.

Dalam menjalankan fungsi tersebut BPJS Kesehatan memiliki tugas, salah satunya yaitu memberikan informasi mengenai penyelenggaraan program jaminan sosial kepada peserta dan masyarakat. Untuk memenuhi tugas tersebut, BPJS Kesehatan membuat berbagai inovasi sehingga memudahkan peserta Program JKN-KIS dalam mendapatkan akses informasi dan layanan kesehatan di era pandemi saat ini.

Berikut berbagai inovasi dari BPJS Kesehatan yaitu :

BPJS Satu! (Siap Membantu)

BPJS Satu! adalah singkatan dari BPJS Kesehatan Siap Membantu.BPJS Satu! merupakan optimalisasi peran petugas dalam memberikan informasi Program JKN-KIS dan  penanganan pengaduan peserta yang hadir untuk membantu peserta JKN-KIS di rumah sakit.Petugas BPJS Satu! yang dilengkapi dengan seragam rompi khusus berwarna kuning dengan tulisan BPJS Satu! ini menggunakan aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) sebagai sarana dalam melakukan pencatatan, tindaklanjut dan monitoring pelayanan informasi serta penanganan pengaduan di rumah sakit untuk alat ukur dalam melakukan perbaikan layanan kepada peserta JKN-KIS.

Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) dengan Chat Assistant JKN (CHIKA)

Layanan Pandawa ini dapat diperoleh melalui CHIKA yang berupa layanan chat bot bertujuan untuk mempermudah peserta JKN-KIS dalam memperoleh informasi. Layanan ini dapat diakses dalam Whatsapp di nomor 08118750400 dan telegram pada link https://t.me/BPJSKes_bot. Peserta JKN-KIS hanya perlu mencantumkan nama pelapor, nama peserta yang akan dilakukan proses pelayanan administrasi, nomor kartu JKN atau nomor KTP, nomor handphone dan kode klasifikasi layanan.

Voice Interactive JKN (VIKA)

Jika CHIKA dapat diakses dengan cara metode chat maka VIKA ini dapat diakses menggunakan metode Voice Interactive melalui BPJS Care Center di nomor 1500400.

Layanan SMS Gateway

Layanan SMS Gateaway juga merupakan salah satu layanan mobile customer service BPJS Kesehatan yang dapat diakses menggunakan pesan singkat dari ponsel di nomor 08777-5500-400. Untuk mengakses informasi dari layanan SMS Gateway BPJS dengan Peserta JKN-KIS dapat mengirim pesan dengan format tertentu tetapi jika mengalami kesulitan dengan format penulisan SMS yang sesuai maka cukup kirimkan pesan dengan tulisan HELP ke nomor 08777-5500-400. Selanjutnya, ikuti format pengiriman pesan sesuai pesan balasan dari layanan SMS Gateaway tersebut.

Media Sosial BPJS Kesehatan

Bagi Peserta JKN-KIS yang aktif di dunia media social dapat mengakses layanan BPJS Kesehatan melalui akun resmi media social dari BPJS Kesehatan yaitu Twitter : @BPJSKesehatanRI, Instagram : @bpjskesehatan_ri dan Facebook : BPJSKesehatanRI. Caranya yaitu dengan meninggalkan komentar mengenai keluhan atau kebutuhan informasi di postingan admin media sosial yang bersangkutan atau Peserta JKN-KIS juga bisa menghubungi secara privat melalui direct message (DM) dengan mengirimkan data diri seperti nomor NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir.

Aplikasi Mobile JKN

Cara lain yang cukup mudah untuk mengakses layanan pelanggan BPJS Kesehatan adalah lewat aplikasi Mobile JKN. Peserta JKN-KIS bisa langsung mengajukan keluhan atau meminta informasi melalui aplikasi tersebut. Setelah login, pilih menu Informasi dan Pengaduan. Selanjutnya klik tanda (+) kemudian isi informasi yang diminta pada formulir yang ditampilkan di layar ponsel, pilih jenis keperluan, apakah untuk menyampaikan keluhan atau meminta informasi. Dilanjutkan dengan menjelaskan keluhan atau informasi yang ingin diketahui. Setelah selesai, klik tanda LAPORKAN!.

Melihat situasi Pandemi COVID-19 yang belum tahu kapan akan berakhir dan mengharuskan para peserta JKN-KIS untuk mengurangi mobilitas keluar rumah maka dengan adanya berbagai inovasi layanan informasi dan keluhan dari BPJS Kesehatan ini diharapkan masyarakat dapat mengakses informasi dan pelayanan BPJS Kesehatan dengan mudah tanpa perlu datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat, peserta JKN-KIS hanya cukup bermodalkan Smartphone dan kuota internet atau pulsa yang memadai. Hal ini cukup menghemat waktu, tenaga dan biaya saat datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Related posts