Menjaga Kesehatan Mental di Era Pandemi Covid-19

Hnews.id | Dimasa pandemi Covid 19, selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga merupakan hal yang serius serta perlu diperhatikan oleh setiap orang. Dalam hal ini Pemerintah sudah memberikan himbauan untuk mengurangi transmisi Covid-19 diantaranya social distancing, karantina, bekerja dari rumah dan sebagainya yang mengakibatkan perubahan besar pada kebiasaan rutin dan aktivitas sehari-hari pada masyarakat. Sayangnya hal tersebut menyebabkan gangguan kesehatan mental serta psikis pada masyarakat seperti depresi, stress, insomnia, penggunaan obat-obatan dan lainnya sampai lebih buruknya sifat cemas dan curiga berlebihan kepada orang lain di sekitarnya yang sakit.

Gangguan kesehatan mental yang terjadi selama pandemi dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti ketakutan terhadap wabah, rasa terasing selama menjalani karantina, kesedihan dan kesepian karena jauh dari keluarga atau orang yang dikasihi, kecemasan akan kebutuhan hidup sehari-hari, ditambah lagi kebingungan akibat informasi yang simpang siur. Beberapa kelompok yang rentan mengalami gangguan kesehatan mental selama pandemi Covid 19 adalah anak-anak, dewasa, lansia dan petugas medis.

Berdasarkan laporan Risiko Global 2021, yang diterbitkan oleh World Economic Forum (WEF) bersama Zurich Insurance Group (Zurich), 80 % anak muda di seluruh dunia mengalami penurunan kondisi kesehatan mental selama pandemi Covid-19. Kekecewaan yang dirasakan anak muda dan memburuknya kesehatan mental juga disorot sebagai risiko global paling terabaikan selama pandemi.

Berikut cara – cara untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi Covid-19 :

Bijak Dalam Menyaring Informasi

Cara pertama untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19 ini adalah membatasi konsumsi berita yang ada. Memilih berita yang sudah tersebar luas dan tidak mudah percaya dengan berita yang ada adalah salah satu cara untuk menghindarkan dari tekanan yang diciptakan oleh berita-berita yang tidak benar.

Membatasi Penggunaan Sosial Media

Menyaring informasi dari social media bisa dilakukan sebagai menjaga kesehatan mental pada masa pandemic covid 19.

Menjaga Kebersihan Diri

Kemudian, cara lain yang bisa diterapkan untuk tetap bisa menjaga kesehatan mental adalah menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan. Pastikan saja jika sehabis menyentuh permukaan benda, segera cuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara efektif untuk menekan infeksi virus corona. Jika berada di luar rumah karena keadaan yang penting, pastikan membawa hand sanitizer.

Istirahat Yang Cukup

Tubuh harus cukup  beristirahat, bila fisik sehat, kesehatan mental turut terjaga.

Menjaga Kondisi Tubuh Tetap fit

Kelelahan membuka peluang untuk tubuh kehilangan daya tahan tubuh yang baik. Oleh karena itu, teruslah mengonsumsi makanan bernutrisi serta mengonsumsi multivitamin. Hal tersebut bisa membantu  menjaga daya tahan tubuh agar terus optimal. Jika daya tahan tubuh vit, kesehatan mentalpun akan tetap terjaga.

Bangun pikiran positif

Pikiran positif bisa terbangun dari banyak hal. Relaksasi, Yoga atau meditasi bisa menjadi salah satu cara. Bila perlu, konsultasi dengan psikolog atau psikiater  untuk mendapatkan nasihat yang positif untuk mencegah masalah kesehatan mental di era pandemi Covid-19.

Related posts