Gerakan Kesehatan Gigi Dan Mulut di Mulai Sejak Usia Dini

Sumber. jybmedia.com.Ilustrasi merawat gigi si Kecil sejak dini. (Shutterstock)

Hnews.id | Kesehatan gigi dan mulut pada anak usia 4 sampai 5 tahun sangat penting untuk diperhatikan. Pada masa 5 tahun pertama mulai dari tahap perkembangan anak yang merupakan golden age atau masa emas dalam periode pertumbuhan dan perkembangan anak. Segala hal yang terjadi akan terserap pada diri anak kemudian menjadi dasar/memori tajam pada anak di masa ini. Pintu gerbang pertama di dalam sistem pencernaan pada usia 4 sampai 5 tahun semua gigi sulung telah erupsi dan menuju periode gigi bercampur (mix dentition), itu merupakan hak yang penting bagi Kesehatan gigi dan mulut anak.

Masalah karies gigi yang terjadi pada anak usia dini membawa dampak yang cukup berbahaya yaitu gigi menjadi keropos, berlubang, bahkan patah sehingga membuat anak tidak bisa mengkunyah, mengganggu pencernaan dan timbulnya rasa sakit pada gigi, sehingga akan mengganggu penyerapan makanan kedalam tubuh anak dan mempengaruhi pertumbuhan anak hingga hilangnya waktu bermain anak karena sakit gigi.

Dan masih banyak ditemukannya anak yang menyikat gigi nya 1x sehari, mayoritas anak beranggapan bahwa menyikat gigi 1x sehari sudah cukup, tidak semua anak paham akan cara menyikat gigi yang benar dan baik, mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis seperti gula yang termasuk karbohidrat. Karbohidrat yang dicerna, maka bakteri yang ada di mulut memakannya dan memproduksi asam. Asam dapat membentuk plak gigi ketika ludah yang bercampur dengan asam. Maka plak inilah yang menyebabkan gigi berlubang pada anak. Itulah perilaku untuk membersihkan gigi dan mulut yang masih kurang. Perilaku anak hampir sebagian besar kurang baik, karna masih ada kebiasaan minum susu dengan gula (manis) dan minum susu botol saat tidur, serta sering makan yang manis.

Gigi susu yang akan lepas dan berganti dengan gigi yang baru merupakan pertumbuhan anak usia dini. Kerusakan pada gigi-geligi primer adalah perhatian utama pada kesehatan gigi. Anak dibawah usia 6 tahun yang mengalami karies gigi adalah penyakit anak multi-faktorial dengan penentu social budaya dan sosial ekonomi. Kesehatan gigi pada anak usia dini merupakan salah satu tumbuh kembang anak yang perlu diperhatikan.

Kesejahteraan, keterampilan, kompetensinya pada saat mengikuti Pendidikan dan memengaruhi hasil kesehatan secara keseluruhan pada anak usia dini. Dari kepedulian orang tua dan kinerja sekolah juga memiliki hubungan dengan kesehatan mulut anak-anak yang baik, mereka sebagai aktor yang menunjang untuk kesehatan mulut anak.

Jadi, peran orangtua sangat penting dalam berperilaku untuk membersihkan gigi dan mulut yang masih kurang.

Related posts