Bupati Bantul Studi Komparasi Pengembangan Labkesda

Hnews.id | Reputasi Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya dalam pengembangan laboratorium COVID-19 telah banyak didengar. Ditunjukkan dengan kedatangan rombongan Bupati Bantul ke BBTKLPP Surabaya pada Sabtu (18/12/2021) lalu.

Rombongan Bupati disambut para koordinator substansi sebagai perwakilan Kepala BBTKLPP Surabaya. Sebagai informasi, BBTKLPP Surabaya berpengalaman membantu Kota Surabaya dalam pengembangan Laboratorium Kesehatan Daerah dalam pemeriksaan COVID-19 saat puncak pandemi tahun 2020 lalu.

Orang nomor satu di Kabupaten Bantul ini bersama dengan jajaran Dinas Kesehatan melakukan Studi Komparasi Laboratorium Kesehatan dengan BBTKLPP Surabaya. Hal ini terkait dengan upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul untuk mengembangkan laboratorium pemeriksa COVID-19 sekaligus peningkatan pengetahuan serta kapasitas laboratorium kesehatan di daerahnya.

Setelah diskusi, rombongan diajak mengunjungi instalasi Laboratorium Teknologi Tepat Guna (TTG). Rombongan mendapatkan penjelasan terkait berbagai produk TTG pengendalian penyakit, termasuk TTG yang mendapatkan paten dan TTG Peningkatan Kualitas Air.

Rombongan selanjutnya menuju Laboratorium Pemeriksaan COVID-19 yang sekaligus merupakan Instalasi laboratorium Virologi dan Immunologi. Bupati tertarik pada pengembangan laboratorium termasuk manajemennya, sekaligus terkait penataan ruangan, sarana prasarana, PMI, PME, serta biosafety dan biosecurity. [ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.