Gubernur Anies: Jakarta Punya Kebun Melon!

Hnews.id | Jakarta punya kebun melon! Kemarin turut memanen golden melon di Kawasan Agro Edu Wisata (AEW) Cilangkap, Jakarta Timur.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Sabtu (29/1/2022).

“Alhamdulillah, bisa menikmati sisi lain dari Jakarta,” ujar Anies.

Di sini, kata Anies, kita bukan saja mendapat pengalaman menarik, tapi juga disuguhkan tempat kawasan produktif. Menurut Anies, panen melon hari ini ditanamnya kira-kira 70 hari yang lalu dan saat ini sudah bisa dipanen.

“Ini salah satu contoh bagaimana kawasan AEW memiliki potensi untuk bisa menjadi sentral wisata sekaligus pembelajaran, baik untuk pengetahuan maupun untuk diaplikasikan,” jelas Anies.

Anies menyampaikan apresiasi juga kepada teman-teman dari Kelompok Tani Kampung Bayam Madani yang sedang workshop budidaya melon di bawah bimbingan teknis Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta.

Harapannya, tutur Anies, akan lebih banyak lagi masyarakat Jakarta maupun luar Jakarta bisa mempelajari. Lalu, mengadopsi ilmu dari tempat ini untuk diterapkan di berbagai tempat mereka tinggal atau berproduksi.

Selain itu, lanjut Anies, Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman DKPKP telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada dan Fakultas Pertanian IPB.

Disebutkan Anies, Pemprov DKI Jakarta akan terus berinovasi dalam pengembangan urban farming melalui gagasan baru, yaitu penyediaan fasilitas dan pendampingan kepada masyarakat yang melibatkan kalangan akademisi, Pemerintah Pusat, swasta, dan komunitas di Jakarta.

Anies mengungkapkan rencana pengembangan program Agro Edu Wisata selanjutnya adalah pembangunan Padepokan Budaya Nusantara. Padepokan ini akan memadukan program budaya, pariwisata, dan pengembangan ekonomi kreatif pertanian. Jika kita mengerjakannya secara konsisten, dengan skala yang makin hari makin besar, kata Anies akan memiliki ekonomi yang amat baik.

“Insya Allah, ini bisa jadi unggulan di Jakarta,” demikian tutup Anies. [ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.