Khofifah Sebut Beternak Kambing Senduro Bisa Jadi Pilihan yang Tepat

Hnews.id | Perhatikan telinga kambing yang baru berumur dua bulan ini. Luar biasa panjangnya bukan? Panjangnya bisa mencapai 50cm.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Sabtu (12/2/2022).

“Apalagi jika sudah dewasa,” ujar Khofifah.

Khofifah mengatakan, ini adalah Kambing Senduro yang merupakan hasil kawin silang Kambing Etawah asal Jamnapari India dan Kambing Lokal Lumajang Menggolo. Yang mengawinkan dua jenis kambing tersebut adalah Presiden Soekarno.

Berminat berternak kambing? Menurut Khofifah, Kambing Senduro bisa jadi pilihan yang tepat karena memiliki tingkat fertilitas yang tinggi dan bisa menghasilkan daging dan susu yang banyak.

“Selain itu juga tahan terhadap berbagai jenis penyakit,” demikian tutup Khofifah.

Salah satu jenis Kambing yang kaya manfaat salah satunya berasal dari Lumajang yaitu Kambing Etawa Senduro. Kambing lereng Gunung Semeru tersebut pada tahun 2014 telah ditetapkan Kementerian Pertanian sebagai kambing ras genetik nasional yang memiliki keunggulan dibandingkan kambing etawa lainnya.

Kambing Etawa Senduro merupakan hasil persilangan kambing etawah India dengan kambing kacang dan kambing jawarandu. Karakteristik Kambing Etawa Senduro antara lain warna bulu putih, kepala muka cembung. telinga panjang, menggantung ke bawah dan terpilin, punggung lurus, agak melengkung sampai titik terendah di bagian tengah tubuh membentuk sudut, dan semakin ke belakang semakin tinggi sampai pinggul.

Selain itu Bulu tubuh bagian leher dan pinggul lebih panjang, dan pada jantan bulu lebih panjang mengurai, serta memiliki ambing yang menggantung seperti kendi. [ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.