Sejumlah Fasilitas di Kawasan Pantai Maju Diresmikan Anies

Hnews.id | Kemarin meresmikan nama jalan, jembatan, taman, dan bundaran di kawasan Pantai Maju, Jakarta Utara. Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Selasa (22/2/2022).

Anies mengatakan semangat kolaborasi selalu diupayakan di Jakarta, termasuk penamaan penamaan jalan, jembatan, taman, dan bundaran lewat sayembara “Kita Kasih Nama” telah memantik antusiasme tersendiri dari warga.

Anies mengucapkan selamat kepada Pemenang Terbaik 1 sayembara “Kita Kasih Nama” yaitu Tim Glibly yang beranggotakan 5 anak muda kreatif yang bernama Rima Syafia, Annisa Nadhirah Ar, Hana Syabila Fazri, Aprilia Hapsari Putri, dan Yosephine Astari.

“Nama-nama yang terpilih terinspirasi dari kehidupan masyarakat pesisir,” ujar Anies.

Nama bundaran, yaitu Heritiera, yang diselaraskan dengan bentuk salah satu jenis mangrove yang berakar kuat. Nama jembatan terinspirasi dari bagian perahu, yang paling depan adalah Jembatan Linggi, di bagian tengah kawasan adalah Jembatan Tataban dan jembatan terakhir seperti bagian belakang perahu yang mengarah ke laut yaitu Jembatan Baruyungan.

Nama taman-taman, yaitu Baharia dan Asriloka, diambil dari Bahasa Indonesia yang berarti bahagia dan indah. Nama-nama jalan diambil dari nama jenis mangrove yaitu Warakas, Kandeka, Bidara, Akasia dan Pejapi.

“Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam melakukan proses penamaan ini. Kita berharap dengan adanya nama baru ini, dengan adanya keterbukaan, maka seluruh masyarakat nantinya bisa menikmati kawasan sekitar pantai, ruang-ruang publik yang bisa digunakan untuk pejalan kaki, ataupun bersepeda dan kegiatan-kegiatan lainnya,” ungkap Anies.

Sejak tahun 2018, tutur Anies, Pemprov DKI Jakarta mengharuskan adanya fasilitas publik di Pantai Maju, yang bisa dengan mudah diakses oleh seluruh masyarakat. Sejak saat itu, tambah dia, pantai di kawasan dapat dinikmati gratis oleh warga Jakarta maupun luar Jakarta.

“Kawasan Pantai Maju bisa diakses menggunakan rute Transjakarta 1A bagi publik yang ingin menikmati dan beraktivitas di pantai,” demikian tutup Anies. [ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.