Gubernur Anies Membuka Urban 20 Sherpa Meeting

Hnews.id | Kemarin membuka Urban 20 Sherpa meeting, sebagai rangkaian menuju U20 Mayor Summit 2022. Pertemuan tingkat tinggi ini dihadiri oleh para pemimpin kota dunia anggota presidensi G20 dan 37 perwakilan kota pengamat (observer).

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (24/3/2022).

“Adalah kehormatan bagi Jakarta menjadi tuan rumah pertemuan U20 Sherpa setelah pertemuan di Roma dan Milan,” ujar Anies.

Dikatakan Anies, Jakarta dan Jawa Barat sebagai co chair U20 tahun 2022 akan terus mendorong pemimpin kota untuk bersuara, berkolaborasi, dan menyampaikan rekomendasi bersama soal isu krusial di aspek lingkungan, sosial dan ekonomi kepada pemerintah Indonesia saat presidensi G20.

Menurut Anies, pertemuan U20 ini akan fokus pada 6 isu: pemulihan ekonomi-sosial, pemulihan kesehatan mental pasca- COVID-19, mobilitas transportasi, energi terbarukan, perumahan terjangkau, dan pekerjaan di masa depan.

Anies menyebut U20 memiliki peran penting untuk membangun aksi kolektif dan pemahaman kolaboratif antara wali kota/gubernur kota-kota di U20 dan mitra internasional lain. Peran kita adalah menginformasikan dan merekomendasikan kepada para pemimpin negara G20 melalui U20 komunike.

Dunia sedang menghadapi masa-masa sulit yang membutuhkan perhatian lebih, tapi jangan sampai mengalihkan fokus kita. Menurut Anies kita butuh membahas isu-isu penting untuk memastikan solusi jangka panjang untuk kota-kota dan pemerintahan dalam G20.

“Ini adalah kesempatan langka bagi pemerintah lokal dan nasional memiliki integrasi vertikal untuk saling mendukung, menerjemahkan kesepakatan global menjadi kebijakan, ke dalam program, yang menguntungkan bagi masyarakat,” demikian tutup Anies. [ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.