Hnews.id | Pada saat pandemic ini kominfo sedang terus menerus membuat Indonesia mengarah ke dunia digital, ini dilakukan untuk mempermudah dalam penaganan pemulihan dari wabah covid-19 di Indonesia ini dan di lakukan secara perlahan dengan menambah aspek-aspek lainnya.
Kegunaan teknologi dalam pelayanan kesehatan mempunyai manfaat penting bagi masyarakat Indonesia sebab sudah terbukti dalam penggunanaannya yaitu efisiensi dan efektivitas dalam melakukan sebuah proses yang lebih cepat, lalu dapat meningkatkan kualitas informasi-informasi bersumber yang sudah dipercaya dan diharapkan iformasi yang di peroleh pasien lebih tepat. Penggunaan pelayanan kesehatan berbasis online ini atau biasa di sebut dengan e-health merupakan layanan informasi kesehatan yang di gunakan melalui aplikasi di gadget atau device lainnya. E-health ini dapat di akses dengan internet para pengguna, e-health ini di tujukan kepada pihak-pihak layanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas dan lainnya agar bisa menyediakan pelayanan kesehatan online untuk mempermudah sebagai institusi layanan kesehatan melakukan pencatatan transaksi pembayaran, pencatatan hasil pemeriksaan kesehatan pasien, dan pemberian informasi lainnya. Manfaat lainnya dari penggunaan e-health ini agar masyarakat atau pasien bisa melakukan pendaftaran pasien secara online dan tidak perlu lagi menunggu lama antrian di tempat, karena di lihat dari situasi saat ini yang tidak memungkin untuk berkumpul-kumpul di tempat umum. Selain itu pasein juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan yang tidak darurat secara online dengan memberitahukan gejala yang dirasakan melalui audiovisual terhadap dokter, lalu hasil pemeriksaan akan di catat oleh aplikasi e-health ini dan dokter nantinya akan memberikan resep obat kepada pasien yang sudah di diagnosis, sehingga tidak perlu lagi datang kerumah sakit dan menunggu antrian. Tindakan lanjutnya pihak rumah sakit atau layanan kesehatan lainnya akan menerbitkan surat rujukan sebagai tindakan lanjut untuk menindak lebih lanjut ke laboratium atau fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan penatalaksanaan pasein.
Namun di samping manfaat dari e-health ini, ada beberapa kekurangan dari pelayanan Kesehatan berbasis online yaitu dokter tidak boleh memberikan diagnosis kepada pasien yang hanya berkonsultasi memlalui karena bisa membahayakan Kesehatan pasien ini tersebut, maka pasien disarankan harus melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dengan dokter demi keamanaan dan keselamatan pasien yang menjadi bagian utama serta juga menjaga kerahasiaan status kesehatannya. Selain itu sulitnya sebagian masyarakat yang akan menggunakan aplikasi e-health ini, karena e-health di akses melalui internet yang membuat masyarakat susah untuk menggunakannya karena berkendala dengan jaringan internet yang tidak stabil. Lalu tenaga ahli atau SDM yang masih belum cukup untuk menangani pelayanan kesehatan online tersebut, karena penggunaan e-health ini harus di tangani oleh orang-orang yang cukup atau orang yang bidang pekerjaannya di bidang teknologi. Sehingga susah untuk menjalankan program pelayanan.
Diharapkan pemerintah bisa lebih untuk meningkatan pelayanan Kesehatan berbasis online ini dengan penambahan fitur-fitur untuk mempermudah masyarakat, salahnya satunya agar masyarakat tidak perlu lagi menunggu antrian yang lama di tempat karena situasi pandemi yang masih ada di Indonesia terutama di DKI Jakarta dan sekitarnya. Selain itu pemerintah dapat meningkan tenaga ahli dalam penggunaan aplikasi e-health ini agar terpenuhinya SDM. Lalu adanya pemberian edukasi mengenai cara penggunaan aplikasi e-health ini kepada masyarakat yang belum mengerti terhadap dunia teknologi digital sehingga masyarakat Indonesia bisa mengaplikasikan penggunaan e-health ini di saat di butuhkannya.