Inovasi Kesehatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu

Sumber:fimela.com/2022

Hnews.id | Inovasi adalah proses untuk menjadi lebih baik, dan inovasi erat kaitannya dengan penemuan, dan inovasi ini bermula dari proses perencanaan yang seringkali besar. Inovasi pemerintah dalam pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat kompleks. Sifat kompleks inilah yang seringkali melahirkan banyak ide inovatif. Kebaruan ini diwujudkan tidak hanya di ranah pemerintahan, tetapi juga dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat oleh pemerintah pusat dan daerah. Di tingkat daerah, misalnya, beberapa telah berhasil melakukan inovasi administrasi, melalui inovasi administrasi semacam ini, manajemen pemerintahan dapat ditingkatkan dan masyarakat dapat terlayani dengan baik. Inovasi daerah merupakan salah satu prioritas utama dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mencapai kesejahteraan masyarakat.

Di Indonesia saat ini, penyelenggaraan pelayanan kesehatan menjadi isu kebijakan yang semakin strategis. Masalah muncul karena perbaikan pelayanan publik di Indonesia sendiri cenderung dilakukan. Di Indonesia sendiri, sistem kesehatan tidak dapat dipisahkan dari pembangunan pelayanan kesehatan. Pada hakekatnya pelayanan kesehatan adalah semua kegiatan dalam suatu sistem pelayanan kesehatan dengan tujuan utama memajukan dan memelihara pemerataan kesehatan. Penting untuk menilai dan fokus tidak hanya pada tingkat penyampaian, tetapi juga pada bagaimana pemerintah memberikan layanan kepada masyarakat itu sendiri. Secara keseluruhan, pelayanan kesehatan tidak hanya fokus pada tubuh manusia yang sakit, tetapi juga pada kesembuhan pasien untuk mempercepat proses pemulihan.

Salah satu inovasi yang akan dibahas dalam artikel ini adalah Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) adalah inovasi perawatan kesehatan yang berfokus pada korban atau pasien darurat berbasis call center yang terhubung langsung. Seringkali di tingkat perkotaan, jaringan ini dikenal sebagai Pusat Keamanan Publik. Organisasi publik, salah satunya dinas kesehatan, harus terus memberikan pelayanan kesehatan yang baik melalui inovasi-inovasi yang diperkenalkan. Oleh karena itu, salah satu inovasi di bidang kesehatan adalah pelayanan publik yaitu Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). Di Indonesia, inovasi dalam pelayanan kesehatan tersebut sangat penting. Mengingat tingginya risiko bencana alam seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi di Indonesia, karena Indonesia terletak di antara empat sabuk vulkanik aktif Sunda, Minahasa, Halmahera dan Banda, risiko bencana alam cukup besar, termasuk Emerging Infectious Diseases. Selain itu, pelayanan kesehatan memiliki hambatan tersendiri dalam pemerataan pelayanan kesehatan karena sulitnya antar wilayah wilayah di Indonesia dan fasilitas yang kurang memadai di beberapa wilayah.

Call center merupakan sarana utama yang digunakan pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan kesehatan SPGDT. Call center didefinisikan sebagai pusat media komunikasi layanan berupa menjawab panggilan atau melakukan panggilan massal. Fitur utama dari call center adalah untuk menangani layanan masuk dan keluar. Layanan inbound sendiri melayani panggilan masuk yang meliputi permintaan informasi, keluhan, dan penawaran produk atau jasa, sedangkan layanan outbound melayani panggilan keluar dari pusat. Layanan ini digunakan untuk pemasaran, promosi dan menjaga loyalitas pelanggan. Layanan call center SPGDT sendiri merupakan salah satu layanan yang memberikan pelayanan kesehatan khususnya bagi pasien gawat darurat. Jadi pada dasarnya layanan ini perlu pengembangan lebih lanjut agar dapat berjalan lebih efisien dari layanan sebelumnya.

Related posts