Perpustakaan Jakarta di PKJ TIM Resmi Dibuka

Hnews.id | Alhamdulillah, Perpustakaan Jakarta dan Pusat Dokumen Sastra (PDS) Hans Bague (HB) Jassin di kawasan Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ TIM), resmi dibuka.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, (8/7/2022).

“Kita tidak ingin membangun perpustakaan masa lalu, yang sekadar mengumpulkan koleksi buku, kita membangun perpustakaan masa depan. Perpustakaan yang baik membangun pelayanan, tetapi perpustakaan terbaik membangun komunitas. Tempat ini harus menjadi pusat tumbuh-kembangnya komunitas,” ujar Anies.

Menurut Anies, Perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin harus menjadi ruang ketiga untuk mendapatkan pengetahuan dan hikmah, serta menumbuhkan minat baca pada anak, tempat agar anak dapat berkarya, belajar dan berinteraksi dengan sesama.

Anies mengungkapkan, Perpustakaan Jakarta memiliki 138.000 koleksi di dan 4.395 koleksi di PDS HB Jassin. Perpustakaan Jakarta berisi koleksi buku-buku umum, buku-buku anak, hingga koleksi kejakartaan yang relevan dan sesuai kebutuhan masyarakat.
Sementara itu, lanjut dia, koleksi di PDS HB Jassin berfokus pada pendokumentasian karya sastra, termasuk dokumen tulisan tangan sastrawan-sastrawan besar, seperti Chairil Anwar, WS Rendra, dan lain-lain.

Disebutkan Anies, Perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin juga dilengkapi sejumlah ruang baru, antara lain ruang multifungsi, ruang permainan anak, bilik cerita, ruang baca privat, ruang podcast, ruang komputer, dan ruang koleksi kejakartaan.

Kata Anies, tugas kita bukan merawat saja, tetapi juga mengembangkan. Pesan kami untuk semua, tutur Anies, penting sekali agar generasi baru datang ke tempat ini.

“Kami berharap perpustakaan Jakarta mencerminkan perpustakaan masa depan di Indonesia,” jelas Anies.

Anies menyebut perpustakaan ini makin menegaskan posisi Jakarta sebagai kota global. Kota yang setara dengan kota besar dunia lainnya. Tak hanya karena fasilitasnya, namun juga karena kumpulan karya literasinya, dan karena warganya berwawasan global, gemar menjelajah isi semesta melalui buku.

“Selamat menyelami khazanah Perpustakaan Jakarta!” demikian tutup Anies. [ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.