Gubernur Anies Bersama Istri Memanen Anggur di Jakut

Hnews.id | Pagi tadi bersama Fery Farhati panen anggur. Hal tesebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Jumat (22/7/2022).

Loh, memangnya di Jakarta ada kebun anggur? Ya, kata Anies siapa sangka di sebuah SPBU di Jalan Cakung-Cilincing, Jakarta Utara yang selama ini diasosiasikan sebagai daerah transformers yang panas berdebu, ternyata ada sebuah kebun budidaya anggur, tanaman yang biasanya tumbuh di daerah sejuk dengan ketinggian tertentu.

Disebutkan Anies, perubahan luar biasa ini, berkat inisiatif seorang warga, Pak Sutarto yang biasa menjaga di SPBU ini, memutuskan mengubah lahan belukar menjadi kawasan bercocok tanam, Vezo Grapes Farm namanya. Di lahan seluas sekitar 800 meter persegi tersebut telah tumbuh dan siap panen sebanyak 70 varietas anggur.

Menurut Anies, kebun anggur di Cilincing ini adalah contoh nyata kolaborasi, inisiatif dari warga yang didukung kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan pihak Swasta. Vezo Grapes Farm juga merupakan Kelompok Tani binaan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, karena bibit anggurnya juga disediakan secara gratis.

Tadi, tutur Anies, kami mengajak anak-anak PAUD SPS Negeri Sukapura Cerdas untuk ikut menanam dan panen anggur di sini. Anies melanjutkan, kami mengundang kepada seluruh pegiat masyarakat di seluruh Jakarta, sempatkan mampir ke sini, untuk belajar, lalu gunakan pengalaman di sini untuk menumbuhkan hal yang sama di tempat kita masing-masing, berbasis komunitas dan keluarga.

“Kami berterima kasih dan apresiasi kepada Pak Tarto telah berhasil mengubah tempat yang awalnya dijauhi, sekarang malah didatangi. Dan mudah-mudahan jadi contoh, ketika seorang pribadi melihat potensi, dia bergerak dan mengembangkannya dan negara hadir memfasilitasi,” tutup Anies. [ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.