Inovasi Aplikasi Layanan Kesehatan Mental “KALM”

Hnews.id |

Aplikasi Kalm

Indonesia merupakan negara dengan tingkat gangguan jiwa yang tinggi. Meski sering diperbincangkan, kesehatan mental terkadang masih dipandang stigma bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa penderita gangguan jiwa itu gila atau bahkan kurang ilmu agama. Padahal itu adalah masalah psikosis yang dapat mengganggu kondisi medis pada otak manusia salah satunya selalu berpikiran negatif terhadap apapun.

Banyak faktor yang dapat memicu munculnya pikiran negatif yang dapat menyebabkan depresi, stres, perasaan depresi hingga munculnya keinginan untuk melakukan hal – hal yang tidak sesuai dengan keinginan. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengguna sudah dapat menggunakan nasihat profesional melalui internet dan gadget. Pengguna dapat berkonsultasi secara online kapan saja dan dimana saja. Dimana waktu layanan konsultasi online ini juga dapat disesuaikan dengan aktivitas pengguna, sehingga pengguna bisa lebih fleksibilitas dalam mengkomunikasikan perasaan pengguna agar kalmselor dapat memahami perasaan dan kondisi pengguna sendiri.

Disini akhirnya aplikasi Kalm hadir sebagai platform konsultasi berbasis obrolan rahasia untuk membantu orang – orang yang menghadapi masalah – masalah yang dialami.

Inovasi Pada Aplikasi Kalm

Kalm merupakan salah satu aplikasi konseling online yang menyediakan layanan yang fleksibel, privat, dan terjangkau dengan para profesional berkualitas. Sebelum berkonsultasi, pengguna juga dapat mengisi sejumlah pertanyaan agar sesuai dengan terapi dan konselor yang dibutuhkan.

Beberapa inovasi pelayanan kesehatan mental yang dimiliki aplikasi Kalm seperti beberapa fitur dibawah ini :

  1. Wellbeing Tracker, fitur ini berguna untuk memantau perubahan mood pengguna setiap hari.
  2. Gratitude Journal, sebuah fitur yang terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kebahagiaan diri.
  3. Discovery & Directory, ini adalah fitur yang berisikan tentang tips – tips praktis dan lokasi untuk menjaga kesehatan mental pengguna.
  4. Chat Konseling, fitur utama yang sangat memungkinkan untuk pengguna mengobrol dengan Kalselor dengan menyampaikan semua keluh kesah pengguna.

Setelah mengetahui beberapa fitur dari aplikasi Kalm ini, maka berikut inipun merupakan beberapa langkah dalam proses konseling Online pada aplikasi Kalm, yaitu :

  1. Mendownload aplikasi Kalm
  2. Pengguna mengisi kuisioner untuk mengetahui kebutuhan konseling pengguna
  3. Pengguna akan dipasangkan yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan pengguna
  4. Pengguna memilih paket konseling yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan
  5. Memulai proses konseling online dengan Kalmselor kapanpun dan dimanapun pengguna berada.

Selain itu selama proses konseling, maka pengguna akan diarahkan seperti :

  1. Pengguna dihubungkan oleh Kalmselor, dimana pengguna akan terus dilayani oleh Kalmselor yang sama.
  2. Pengguna bisa bercerita, bertanya, dan membalas kapanpun tanpa batasan dengan Kalmselor yang telah dipasangkan.
  3. Jika pengguna merasa tidak cocok dengan Kalmselor, maka pengguna bisa mengganti dengan Kalmselor lain kapanpun.
  4. Kalmselor akan menjawab 2 -3 kalo tiap harinya. Jika pengguna membutuhkan jadwal intensif maka dapat dicoba dibicarakan dengan Kalmselor.

Related posts