Bahaya Radiasi Smarthphone Terhadap Kesehatan Mata

Hnews.id | Mata merupakan panca indera yang sering kita pergunakan untuk melihat, mata juga berfungsi untuk memperoleh informasi visual, tetapi banyak manusia yang menyalahgunakan mata sehingga dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan ini  tidak boleh di sepelekan, harus segera diatasi atau dapat konsultasikan oleh dokter.

Perkembangan smartphone pada tahun ini sangat berkembang dengan pesat, smartphone ini tidak hanya digunakan oleh kalangan orang dewasa, tetapi juga kalangan anak-anak prasekolah atau sekolah. smartphone terdapat banyak kelebihan, diantaranya yaitu dapat mempermudah komunikasi antar individu melalui jarak jauh, mempunyai berbagai aplikasi yang dapat digunakan seperti internet yang dapat digunakan untuk mencari suatu sumber yang belum diketahui, bagi anak-anak sendiri smartphone merupakan suatu media hiburan dikarenakan anak dapat melihat kartun ataupun bermain game yang dapat meningkatkan perkembangan motoric serta sensorik. Disisi lain terdapat kerugian dari smartphone antara lain yaitu dapat menyebabkan kecanduan apabila keseringan bermain gadget, penyalahgunaan gadget seperti anak dapat mengakses ponografi yang dapat mudah diakses di internet, tidak fokus belajar pada anak dikarenakan anak dapat terdistraksi kegiatan belajarnya dengan adanya gadget. Saat ini penggunaan smartphone sudah menjadi kebutuhan yang sulit dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Apalagi dimasa setelah pandemi, banyak kegiatan yang dilakukan sebelumnya secara daring (dalam jaringan)/virtual dengan menggunakan smartphone. Sehingga anak sampai orang dewasa, sering menatap layar smartphone lebih lama untuk kegiatan belajar mengajar, bekerja, ataupun yang lainnya.

Smartphone ini berbahaya dikarenakan terdapatnya sinar biru, sinar biru memiliki dampak bagi kesehatan salah satunya yaitu dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Efek dari sinar biru ini tidak timbul secara langsung, melainkan timbul apabila sering menggunakan smartphone secara terus menerus. Maka dari itu cahaya dari smartphone memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan mata. Ciri-ciri manusia yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan mata antara lain yaitu mata sering lelah, mata menjadi kering, pandangan menjadi kabur/buram, serta dapat menimbulkan katarak. Di dalam jurnal penelitian kedokteran syiah kuala menunjukkan bahwa potensi gangguan kesehatan yang timbul akibat paparan radiasi elektromagnetik dapat terjadi pada berbagai sistem tubuh, antara lain: (1) sistem darah, (2) sistem reproduksi, (3) sistem saraf, (4) sistem kardiovaskular, (5) sistem endokrin, (6) psikologis, dan (7) hipersensitivitas. Dengan dampak yang sudah dijelaskan di atas, anda dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan seperti, tidak terus-terusan menatap layar smartphone, menggunakan kacamata antiradiasi pada saat menatap layar smartphone, mengurangi pembacaan e-book di smartphone dan dapat beralih membaca buku. Bagi anak yang memiliki ketergantungan terhadap smartphone, orang tua harus mengawasi anak-anak dalam penggunaan tersebut, selain itu orang tua juga harus membatasi anak dalam menggunakan smartphone dengan waktu 2 jam/hari, pada saat anak ingin bermain smartphone, orang tua dapat melakukan teknik distraksi seperti mengajaknya bermain puzzle, mengajak anak ke kebun binatang, serta mainan lainnya. Hal tersebut dilakukan agar anak tidak bosan dan tidak ketergantungan dengan smartphone.

Related posts