Gubernur Anies Ikut Menggantang dalam Lomba Kicau Burung

Hnews.id | Senang sekali bisa ikut memeriahkan Lomba Kicau Burung di Lapangan Banteng kemarin.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Senin (8/8/2022).

Anies mengatakan, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI menggelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur. Lomba diselenggarakan di Taman Lapangan Banteng pada 6-7 Agustus 2022.

“Kami ikut menggantang (menggantungkan sangkar) burung di kompetisi kelas Anis Merah,” ujar Anies.

Menurut Anies, ini pengalaman pertama kali ikut kompetisi, dan… kalah. Tidak apa-apa, lanjut Anies, yang penting burungnya senang ikut kompetisi, apalagi ini adalah burung yang kami pelihara di kantor Balaikota.

“Kami senang sekali komunitas kicaumania ini tumbuh berkembang dan kita di Jakarta ingin memfasilitasi lebih banyak lagi. Kita ingin bukan hanya hobinya berkembang tapi perekonomiannya ikut bergerak,” pungkas Anies.

Disebutkan Anies, di balik kompetisi ini ada pergerakan ekonomi yang amat besar. Baik dari kota-kota di Jawa maupun tadi bertemu ada yang dari Kalimantan Timur bahkan Sumatera, sehingga hotel-hotel di sekitar sini penuh dengan peserta yang berkompetisi. Usaha jual beli tangkringan, kandang, kain penutup juga menggerakkan perekonomian.

Jadi, tutur Anies, ini adalah ekonomi mikro yang bergerak ketika ada kompetisi. Nantinya secara bertahap kita selenggarakan kompetisi burung lebih banyak lagi. Sehingga harapannya bagi yang memiliki minat bisa ikut bertanding dan belajar.

Anies menyebut karena kompetisi bukan semata-mata menang kalah tapi melatih burung, membangun jejaring, saling belajar, cerita pengalaman.

“Ini adalah tempat memperkuat interaksi yang berdampak pada ekonomi,” demikian tutup Anies. [ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.