Inovasi Pain Center RSUD Ciawi, Solusi Tepat bagi Penderita Nyeri

Hnews.id | Nyeri merupakan suatu kondisi dimana seseorang merasakan perasaan yang tidak nyaman atau tidak menyenangkan yang disebabkan oleh kerusakan jaringan yang telah rusak atau yang berpotensi untuk rusak. Keadaan nyeri disebabkan karena adanya penyakit tertentu. Nyeri berhubungan dengan berbagai penyakit yang dapat menimbulkan rasa nyeri di persarafan. Pengelolaan nyeri merupakan hal yang kompleks dan berbeda untuk setiap pasien. Diberbagai tempat pelayanan kesehatan, pemeriksaan nyeri masih menggunakan gambaran visualisasi seperti Visual Analog Scale dan untuk pasien anak dengan gambaran muka dengan perubahan suasana perasaan dari senang, biasa sampai menangis.

Menggapi hal tersebut di atas, Bogor Pain Center RSUD Ciawi melakukan inovasi dibidang Kesehatan yaitu membangun Instalasi Manajemen Nyeri (IMANI). Inovasi ini sangat diapresiasi oleh pemerintah daerah kabupaten Bogor yang merupakan Instalasi rumah sakit pertama di Indonesia yang memberikan layanan multidisiplin dalam penanganan nyeri.

Instalasi Manajemen Nyeri  (IMANI) di Bogor Pain Center RSUD Ciawi dilengkapi dengan alat medis dan fasilitas lainnya seperti ruang tunggu, ruang konsultasi, ruang persiapan tindakan, ruang tindakan, hingga ruang pemulihan demi menunjang pasien. Bogor Pain Center RSUD Ciawi menghadirkan inovasi layanan kesehatan Buku (Pain Diary) dengan digital 4G. Pain Diary merupakan aplikasi untuk mencatat dan mengukur skor, atau skala nyeri yang diderita pasien kanker, atau dalam istilah medis disebut sebagai brighton, sehingga dapat mempermudah tim medis dalam pemberian dosis obat sesuai skala atau skor angka nyeri yang diderita oleh pasien. Buku ini mempermudah untuk mengontrol dan mengukur skala nyeri secara online. Pasien dapat mengirimkan skor nyeri dari rumah masing-masing secara online. Inovasi layanan Pain Diary juga sangat bermanfaat dalam penentuan dosis obat bagi pasien kanker, karena dosis obat akan tergantung pada skor nyeri pasien perharinya, sehingga pihaknya bisa memberikan dosis obat yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

Selain itu, Bogor Pain Center RSUD Ciawi juga menghadirkan inovasi alat Kesehatan yang disebut dengan Cryo. Alat Cryo ini menjadi alat satu-satunya di Indonesia yang digunakan rumah sakit untuk mengatasi system nyeri pada saraf. Dengan demikian inovasi layanan Kesehatan yang dilakukan oleh Bogor Pain Center RSUD Ciawi memberikan solusi yang tepat bagi penderita nyeri.

Related posts