Inovasi Pelayanan Publik Pada Bidang Kesehatan Serta Berbasis Home Care

Sumber:web.mynurz.com/2022

Hnews.id | Pelayanan kesehatan merupakan bentuk pelayanan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, warga perlu menjaga hidup sehat. Pelayanan kesehatan sangat padat, selain pangan dan pendidikan, sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Maka itulah masyarakat berharap agar mendapatkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan secara bertanggung jawab, aman bermutu dan serta merata, non diskriminatif, sehingga hak pasien sebagai penerima pelayanan kesehatan dapat terlindungi. Pemerintah mengembangkan sebuah infrastruktur dikalangan tanah air untuk melaksanakan suatu kewajiban yang melindungi masyarakat dari sebuah gangguan kesehatan. Maka itu perkembangan tersebut telah berhasil meningkatkan pelayanan kesehatan yang secara lebih merata.

Dalam perkembangan era globalisasi ini, bidang keperawatan harus beradaptasi dengan perkembangan keperawatan di negara maju dari perspektif sosial ekonomi yang semakin meningkat, memungkinkan masyarakat untuk menuntut pelayanan kesehatan yang sangat berkualitas, tetapi di sisi lain untuk pasien. dengan ekonomi tingkat rendah dan menengah, Mereka sangat menginginkan perawatan kesehatan yang murah dan terjangkau. Hal ini memungkinkan pemeliharaan yang diperlukan untuk dilakukan, sehingga meminimalkan biaya pemeliharaan di masyarakat berpenghasilan rendah. Yang lebih mahal lagi adalah kurangnya akses ke layanan medis dan fasilitas dan infrastruktur yang sangat buruk.

Masalah pelayanan kesehatan tentunya masih sangat buruk dan akan berdampak buruk bagi masyarakat, yang merupakan hak setiap warga negara untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Serta munculnya sikap diskriminatif terhadap pasien yang mengutamakan pengeluaran yang cukup dari pada uang yang lebih sedikit, maka lahirlah ungkapan “larang orang miskin sakit”. Selain itu, banyaknya pasien terlantar juga menunjukkan buruknya pelayanan kesehatan. Dalam program home care ini sama sekali tidak melihat status residen, masyarakat dapat menghubungi call center home care di puskesmas terdekat dengan tempat tinggalnya, yang akan segera dilanjutkan dengan respon cepat/tim medis berdasarkan kondisi residen.

Tim medis menggunakan ambulans mini dengan peralatan dan obat-obatan standar untuk tiba di rumah warga, yang dikelola oleh perawat, dokter atau bidan, tergantung pada kebutuhan pasien.   Setelahnya dokter akan memeriksa keadaan pasien untuk menentukan tindak lanjut pada perawatan pasien, untuk segera dirawat di puskesmas atau rumah sakit. Dan apabila membutuhkan perawatan yang cukup serius, warga hanya perlu diedukasi untuk memeriksakan kesehatannya di puskesmas dan serta pelayanan home care 24 jam. Dan selain itu menunggu telepon dari warga yang ingin membutuhkan layanan kesehatan tim home care, serta melayani perawatan pasien pasca operasi, setelah itu pihak rumah sakit dapat menginformasikan ke Dinas Kesehatan Kota yang terdekat kemudian meneruskan apakah ke puskesmas yang terdekat dari rumah warga yang sakit. Tentunya dengan banyaknya Akses layanan kesehatan khususnya Kota terdekat diharapkan memberikan kemudahan pada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan semua kalangan baik yang menengah ke atas maupun yang menengah ke bawah sehingga dapat memberikan suatu kemudahan dalam pelayanan kesehatan saat di rumah. Dan itupun dengan banyaknya Akses layanan kesehatan khususnya Kota-kota diharapkan memberikan kemudahan pada masyarakat dalam mendapatkan sebuah pelayanan kesehatan semua dikalangan baik yang menengah ke atas maupun yang menengah ke bawah sehingga dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan kesehatan saat di rumah. Dan inovasi pelayanan kesehatan ini dapat membuktikan sebuah menghasilkan perubahan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang lebih baik.

Adanya inovasi pelayanan kesehatan ini, pada salah satu institusi juga dapat membuktikan adanya kemauan serta kerja keras dari dalam organisasi kesehatan untuk berbuat lebih baik, maka dari itu menciptakan sebuah inovasi pelayanan tidak sangat mudah, organisasi yang mampu memandang pada diri sendiri sebagai pelayan masyarakat yang sangat mampu untuk menciptakan inovasi yang sulit dan dirinya sendiri serta bermanfaat bagi masyarakat yang sangat luas.

Related posts