Kini Lapangan Basket SMAN 96 Jakarta Berada di Lantai Atas

Hnews.id | Sekolah Net Zero SMAN 96 Jakarta, sekolah ini dibangun pada tahun 1987. Kondisi bangunan sudah mengalami kerusakan di beberapa bagian.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (29/9/2022).

Menurut Anies, pertambahan jumlah murid yang tidak diimbangi dengan fasilitas yang memadai pun menjadi kendala tersendiri. Guna menyelesaikan masalah-masalah fisik pada SMA Negeri 96 Jakarta dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana belajar mengajar, lanjut dia, maka dilakukan renovasi pada bangunan sekolah.

Diungkapkan Anies, renovasi SMAN 96 dirancang oleh arsitek Andra Matin, arsitek yang juga merancang Wajah Baru TIM. Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengalokasikan Rp37 miliar dari APBD DKI untuk renovasi total SMAN 96.

Anies menuturkan, hal pertama yang dilakukan adalah mempertahankan sebanyak mungkin pepohonan yang ada dalam lahan. Pepohonan ini dapat menciptakan area teduh dari sinar matahari, menyumbangkan oksigen, dan membantu menurunkan suhu udara pada lingkungan sekelilingnya.

Hal berikutnya adalah, sambung dia, membuat area resapan air sebanyak mungkin, salah satunya dengan memindahkan lapangan basket ke lantai atas, sehingga area hijau bertambah. Untuk menyikapi kemungkinan terjadinya banjir, kata Anies, konsep bangunan dirancang menyerupai bangunan panggung. Material paving block dipilih untuk lantai dasar, agar dapat membantu penyerapan air hujan.

Ruang kelas ditempatkan pada area lantai atas, dengan bukaan mengarah ke utara dan selatan untuk menghindari panas berlebih dari sisi barat dan timur. Bukaan pada ruang-ruang kelas menggunakan material kawat nyamuk, agar udara dapat mengalir sehingga tidak dibutuhkan AC.

Fasad bangunan menggunakan secondary skin expanded metal yang dirambati tanaman untuk memberikan pembayangan dari sinar matahari, agar suhu udara pada bangunan dan koridor bangunan menjadi lebih rendah.

Atap bangunan yang berupa dak beton memberikan fleksibilitas fungsi, seperti untuk urban farming dan tempat untuk meletakkan panel surya.

“Dengan rancangan sekolah ini diharapkan tercipta kebiasaan dan pengalaman baru yang menyenangkan dan membuat para murid dan guru bangga menjadi bagian dari sekolah negeri ini,” demikian tutup Anies. [ary]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *