Hnews.id | Perkembangan zaman telah membawa begitu banyak perubahan, dan semua orang menganggap itu lebih bermanfaat, namun nyatanya perkembangan zaman juga harus diimbangi dengan perkembangan sumber daya manusia, agar kita bisa mencapai hasil yang ideal bersama.
Pengertian
Fasilitas Pelayanan Kesehatan (FASKES) adalah setiap tempat atau lokasi dimana fasilitas pelayanan kesehatan tersedia bagi setiap orang. Namun fasilitas kesehatan tidak hanya untuk manusia saja, sekarang sudah banyak fasilitas kesehatan untuk hewan peliharaan juga. Fasilitas kesehatan sendiri tersebar, seringkali berupa klinik, puskesmas, dan rumah sakit.
Dengan berkembangnya zaman, kehidupan sosial telah banyak mengalami perubahan. Banyak penemuan yang mengarah pada kecanggihan teknologi, sekarang yang banyak orang sebut dengan digitalisasi, disinilah banyak sistem secara perlahan menggunakan teknologi yang diciptakan. Demikian juga dengan fasilitas kesehatan yang mengikuti perkembangan zaman dengan mengubah sistem yang ada, karena sebelumnya masih menggunakan cara manual yang memakan waktu lama, dan sekarang menggunakan teknik yang menghemat waktu.
Tujuan
Digitalisasi memang tidak serta merta mengikuti tren dunia, namun banyak hal yang perlu disadari, terutama dalam melayani masyarakat dengan masalah kesehatan.
Berikut adalah tujuan yang diharapkan yang ada di era digital kesehatan dunia.
- Memudahkan tenaga kesehatan dalam menyimpan dan mencari data.
- Hemat waktu pelayanan.
- Meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan tanpa mengorbankan kualitas dan efisiensi pelayanan kesehatan.
- Optimalkan keamanan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi.
- Mengubah data analog menjadi data digital agar lebih akurat.
Dengan tujuan tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat luas. Kerja sama semua pihak yang terlibat tentunya akan dibutuhkan.
Upaya
Sudah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah atau lembaga kesehatan itu sendiri. Berikut adalah beberapa upaya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
- Mengubah sistem manajemen, sebelumnya pasien harus mengisi data diri pada formulir pendaftaran, sekarang cukup memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) agar institusi medis dapat melihat data pribadi pasien.
- Mengubah sistem penyimpanan rekam medis pasien, yang dulu masih menggunakan tulisan tangan dokter dan harus disimpan di tempat tertutup atau terkunci, kini sudah cukup RME (Electronic Medical Record) dan data pasien tersimpan dengan aman di server yang aman.
- Menambahkan sistem pembayaran cashless, sehingga masyarakat yang tidak terbiasa membawa uang tunai atau tidak sempat membawa uang tunai tetap dapat dengan mudah menangani prosedur administrasi.
- Fasilitas kesehatan memberikan kesempatan kepada tenaga medis yang berkontribusi terhadap digitalisasi untuk mengikuti pelatihan di era digital.
- Membuat forum untuk menampung keinginan, kritik dan saran, seperti kuesioner online atau akun media sosial, sehingga dapat dievaluasi dan diperbaiki. Menggunakan media sosial juga dapat mempromosikan kesehatan masyarakat.
Melalui berbagai upaya yang telah diupayakan, menjadi jelas bahwa kita semua tidak dapat menolak perkembangan teknologi yang semakin kompleks dan semakin memudahkan aktivitas kita. Perkembangan teknologi, selain kemudahan penggunaannya oleh masyarakat umum, juga memungkinkan banyak penemuan terbaru di bidang alat kesehatan untuk mengatasi banyak masalah kesehatan, dan tidak hanya kemudahan penggunaan.
Selain harganya yang mahal, tidak mudah untuk mengajukan SOP yang membutuhkan banyak izin dan persyaratan, misalnya alat rontgen dan alat pemancar radiasi lainnya harus mendapat persetujuan dari Bapeten, sehingga tenaga medis dapat memenuhi persyaratan. Tempat penyimpanan dan perawatan juga perlu diperhatikan, dan harus dikalibrasi secara berkala.
Digitalisasi yang terjadi di bidang kesehatan sangat mempengaruhi sistem yang ada, dan kebutuhan akan update terbaru membuat sistem sering diubah atau diganti dalam waktu dekat. Tetapi digitalisasi ini juga memungkinkan kita untuk menyelesaikan banyak masalah di dunia yang sehat.
Inovasi digital akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan pasien dan diperbarui dengan perkembangan teknologi terkini, yang mengharuskan semua layanan mengikuti perkembangan terkini dalam rangka mempromosikan efisiensi layanan dan sistem penyampaian institusi kesehatan.