Tidur dan Handphone

Hnews.id | Di era digital ini, ponsel tidak diragukan lagi merupakan kehidupan sehari-hari bagi sebagian orang. Alat ini sering digunakan oleh banyak orang. Perangkat ponsel adalah salah satu alat komunikasi utama antara dua orang atau lebih. Seseorang dapat menghabiskan 6 jam atau lebih sehari bermain dengan ponsel. Hal ini terjadi setiap hari, bahkan banyak orang yang kecanduan ponsel, mereka membawa ponsel saat tidur, meletakkannya di bawah bantal atau di sampingnya. Tetapi kebiasaan seperti itu berbahaya bagi kesehatan dan bahkan dapat menyebabkan kanker.

Efek tidur dekat dengan ponsel Anda

Penggunaan ponsel kini telah menjadi semacam ketergantungan bagi kebanyakan orang, dan banyak aspek kehidupan sehari-hari dapat diakses dan diselesaikan melalui ponsel. Tidak jarang orang menggunakan ponsel secara berlebihan. Tidur di samping ponsel berdampak buruk bagi kesehatan, dampak teknologi tidak semuanya positif, dan tentunya juga ada dampak negatifnya. Misalnya, radiasi yang dihasilkan oleh ponsel berdampak pada kesehatan manusia, meskipun efek ini tidak dapat dirasakan secara langsung, namun jika terus berlanjut akan berdampak negatif bagi kesehatan kita.

Efek Radiasi Ponsel

  • Mempengaruhi konsentrasi

Radiasi dari ponsel dapat menyebabkan aliran darah yang buruk, sehingga sulit untuk fokus dan kurang konsentrasi.

  • Gangguan insomnia

Cahaya dari ponsel Anda dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur. Penggunaan ponsel yang berlebihan sebelum tidur dapat mengganggu ritme sirkadian atau jam biologis tubuh.

  • Penurunan kualitas tidur

Swedia, Amerika Serikat, Arab Saudi dan lembaga asing lainnya telah mempelajari dampak radiasi ponsel terhadap kualitas tidur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang bermain ponsel lebih dari 8 jam sehari, atau yang bermain dengan ponsel sebelum pergi tidur atau sebelum tidur, cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk.

  • Dapat meningkatkan risiko kanker

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), radiasi elektromagnetik dari ponsel dapat dengan mudah menembus otak dan dapat meningkatkan risiko kanker, kerusakan sel otak, tumor otak, alzheimer, dan autisme.

Cara menghindari bahaya radiasi handphone saat tidur

  • Matikan telepon

Jika ingin tidur, segera matikan ponsel agar tidak mengganggu waktu istirahat Anda dengan dering atau getar di tengah malam.

  • Jauhkan ponsel dari Kasur

Jauhkan ponsel dari tempat tidur agar Anda tidak tergoda untuk memainkannya lagi.

  • Menerapkan tidur yang sehat

Mengikuti tahapan tidur yang sehat, dapat membantu Anda menjauhi bahaya radiasi ponsel, paksakan diri Anda untuk tidak bermain ponsel 30 menit sebelum tidur, dan jangan terpengaruh rasa ingin tahu hingga pada akirnya dapat membentuk kebiasaan dan ketergantungan.

Nah…itulah efek bahaya tidur dekat hp dan cara mengatasinya, lebih baik kita mencegah daripada mengobati, biasakan tempat tidur anda menjadi zona bebas hp agar gangguan kesehatan bisa diminimalisir.

Mulai hari ini, Anda harus bisa berhenti tidur di samping ponsel.

Related posts