Tips Mengobati Dehidrasi

Sumber:klikdokter.com/2023

Hnews.id | Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan cairan dalam jumlah yang signifikan, atau kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan. Menurut definisi, pengobatan umum untuk dehidrasi adalah mengganti cairan yang hilang dengan meminum banyak anggur putih atau sup bening. Selain itu, untuk mengganti gula yang hilang di dalam tubuh, orang yang mengalami dehidrasi bisa meminum minuman manis. Kemudian makan camilan asin untuk menggantikan garam atau natrium.

Karena saat seseorang mengalami dehidrasi, orang tersebut tidak hanya kehilangan cairan tubuh, tetapi juga gula dan garam. Untuk mengembalikan keseimbangan kadar zat tersebut dalam tubuh, dapat diobati dengan minum oralit setelah berkonsultasi dengan dokter.

Namun, dehidrasi dapat diobati dengan mengacu pada etiologi, usia pasien, atau tingkat keparahannya. Berikut penjelasannya:

Mengobati dehidrasi yang disebabkan oleh diare

Bagi orang yang mengalami dehidrasi akibat diare, kebutuhan cairan dan elektrolit tubuh dapat dipenuhi dengan meminum minuman isotonik atau elektrolit. Kemudian cobalah untuk menghindari jus buah, minuman berkafein, dan minuman bersoda.

Perawatan untuk Dehidrasi pada Bayi

Ibu yang masih memberikan ASI Eksklusif sangat disarankan untuk memberikan ASI dalam jumlah sedikit, namun lebih sering jika bayi mengalami diare, muntah, atau demam. ASI juga dapat diminum dengan garam rehidrasi oral untuk membantu mengganti cairan yang hilang.

Jika bayi Anda sudah minum susu formula, segera ganti susu tersebut dengan susu formula bebas laktosa. Berikan susu formula bebas laktosa sampai diare bayi Anda benar-benar sembuh. Hal ini dikarenakan bayi yang mengalami diare sulit mencerna laktosa, bahkan laktosa dapat memperparah diare bayi.

Perawatan untuk dehidrasi pada anak-anak

Dehidrasi pada anak dapat diatasi dengan pemberian garam rehidrasi oral, terutama jika mengalami diare atau muntah. Karena air saja tidak cukup untuk mengatasi dehidrasi yang terjadi pada anak. Sebab, terlalu banyak air putih justru bisa menyebabkan kadar mineral dalam tubuh anak turun, dan bisa memperburuk kondisi anak.

Perawatan untuk dehidrasi parah

Orang yang mengalami dehidrasi parah, baik anak-anak maupun orang dewasa, harus dirawat di rumah sakit. Juga, jika seseorang mengalami dehidrasi, mungkin sulit untuk makan atau minum, dan bahkan mungkin kehilangan kesadaran (koma). Pasien dengan dehidrasi berat harus mendapatkan perawatan yang optimal, termasuk infus dan pengobatan melalui tabung infus (induk) atau tabung infus (ngt).

Related posts